VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2024): NOVEMBER

IMPLEMENTASI MODEL TANDUR MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 5 KECAMATAN SUNGAI TEBELIAN

Yuliana, Yuliana (Unknown)
Sabri, Tahmid (Unknown)
Syafruddin, Syafruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi model TANDUR menggunakan media flashcard dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Sungai Tebelian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melibatkan 91 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TANDUR dengan media flashcard dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Media ini efektif dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan membaca dan menulis kata dan kalimat. Faktor pendukung utama adalah profesionalisme guru dan minat siswa, sementara faktor penghambat meliputi keterampilan guru yang kurang dan kurangnya perhatian terhadap kesiapan siswa. Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran sangat positif, dengan siswa merasa senang, antusias, dan bersemangat mengikuti pembelajaran. Kesimpulannya, model TANDUR dengan media flashcard meningkatkan pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan.Kata Kunci: Model Tandur, Media Flashcard, Bahasa IndonesiaABSTRACTThis research aims to describe the implementation of the TANDUR model using flashcard media in Indonesian language learning in class 1 of SD Negeri Gugus 5, Sungai Tebelian District. The research used a qualitative approach with descriptive methods, involving 91 students. Data collection was carried out through observation and documentation, with data analysis using the Miles and Huberman model. The research results show that the TANDUR model with flashcard media can increase students' active participation in learning. This media is effective in helping students develop the ability to read and write words and sentences. The main supporting factors are teacher professionalism and student interest, while inhibiting factors include teachers' lack of skills and lack of attention to student readiness. The response of teachers and students to learning was very positive, with students feeling happy, enthusiastic and eager to participate in learning. In conclusion, the TANDUR model with flashcard media increases learning that is more active and fun.Keywords: Tandur Model, Flashcard Media, Indonesian

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...