VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2024): NOVEMBER

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER KELAS 4 SD/MI

Srirapika, Nida (Unknown)
Halidjah, Siti (Unknown)
Pranata, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk bahan ajar interaktif dengan mengkolaborasikan teknologi digital yakni berbasis komputer yang layak dan praktis untuk digunakan di MIN 3 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode yang mengadopsi model dari Thiagarajan, 4D yakni Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), Dissemination (penyebarluasan). Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, kuesioner atau angket, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah hasil angket respons siswa. Berdasarkan hasil angket respon siswa pada kelayakan mendapatkan persentase rata-rata bahan ajar interaktif berbasis komputer sebenar 98% dengan kualifikasi sangat layak. Dan kepraktisan mendapatkan persentase rata-rata bahan ajar interaktif berbasis komputer adalah 98% dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar interaktif berbasis komputer di kelas 4 MIN 3 Pontianak layak digunakan.Kata Kunci:  Pengembangan, Bahan ajar, Interaktif, KomputerABSTRACTThis study aims to develop and produce interactive teaching material products by collaborating digital technology, namely computer-based, which are feasible and practical for use at MIN 3 Pontianak. This research uses a research and development approach with a method that adopts Thiagarajan's 4D model, namely Define, Design, Development, Dissemination. The data collection techniques of this research are observation, questionnaires or questionnaires, interviews and documentation. The data source of this research is the results of student response questionnaires. Based on the results of the student response questionnaire on the feasibility of getting the average percentage of real computer-based interactive teaching materials 98% with very feasible qualifications. And the practicality of getting the average percentage of computer-based interactive teaching materials is 98% with very practical qualifications. Based on the results of this study, it can be concluded that the development of computer-based interactive teaching materials in class 4 MIN 3 Pontianak is feasible to use.Keywords: Development, Interactive, Teaching Materials, Computer

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...