VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2024): NOVEMBER

PENINGKATAN LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI TPACK DITINJAU DARI BLOOM’S DIGITAL TAXONOMY

Leba, Imanuel Herlimus (Unknown)
Mashfufah, Aynin (Unknown)
Rahayuningsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

ABSTRAKArtikel ini membahas peran kerangka kerja TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam meningkatkan literasi digital siswa melalui pendekatan Bloom's Digital Taxonomy. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan analisis PRISMA, menyaring artikel dari empat tahun terakhir yang relevan dengan literasi digital, TPACK, dan taksonomi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi TPACK guru berkontribusi signifikan terhadap pengembangan keterampilan literasi digital siswa, termasuk kemampuan berpikir kritis, evaluasi informasi, dan kreasi konten digital. Bloom's Digital Taxonomy menjadi alat yang efektif untuk merancang pembelajaran berbasis teknologi pada berbagai tingkatan kognitif, mulai dari mengingat hingga mencipta. Artikel ini merekomendasikan penguatan kompetensi TPACK guru dan integrasi teknologi secara transformatif untuk mendorong pembelajaran yang adaptif terhadap era digital. Sinergi antara TPACK dan Bloom's Digital Taxonomy diperlukan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21.Kata Kunci: TPACK, Literasi Digital, Bloom Digital TaxonomyABSTRACTThis article discusses the role of the TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) framework in improving students' digital literacy through Bloom's Digital Taxonomy approach. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) method with PRISMA analysis, screening articles from the last four years that are relevant to digital literacy, TPACK, and digital taxonomy. The results showed that teachers' TPACK competencies significantly contributed to the development of students' digital literacy skills, including critical thinking, information evaluation and digital content creation. Bloom's Digital Taxonomy is an effective tool for designing technology-based learning at various cognitive levels, from remembering to creating. This article recommends strengthening teachers' TPACK competencies and integrating technology in a transformative way to promote learning that is adaptive to the digital era. The synergy between TPACK and Bloom's Digital Taxonomy is necessary to prepare students for the challenges of 21st century learning.Keywords: TPACK, Digital Literacy, Bloom Digital Taxonomy

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...