ABSTRAKPembelajaran matematika merupakan proses yang kompleks, melibatkan interaksi antara guru, siswa, dan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode outbound training dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMA Nusantara Indah. Metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu digunakan, melibatkan 43 siswa kelas XI yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, dengan rata-rata nilai tes akhir mencapai 87, dibandingkan dengan 75 pada kelompok kontrol. Uji-t menunjukkan nilai p < 0,05 yaitu sebesar 0,000, menandakan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, seperti outbound training, dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode ini dalam konteks pembelajaran lain untuk memperdalam pemahaman mengenai dampaknya.Kata Kunci: Hasil Belajar, Outbound, Trigonometri ABSTRACTMathematics learning is a complex process that involves interactions between teachers, students, and the material. This study aims to evaluate the effectiveness of the outbound training method in improving student learning outcomes in mathematics at SMA Nusantara Indah. A quantitative method with a quasi-experimental design was used, involving 43 eleventh-grade students divided into experimental and control groups. The results indicate a significant improvement in the experimental group, with an average final test score of 87, compared to 75 in the control group. The t-test showed a p-value of < 0.05, specifically 0.000, indicating a significant difference between the two groups. These findings affirm that enjoyable and interactive learning approaches, such as outbound training, can enhance student motivation and learning outcomes while also developing social and communication skills. This study recommends the application of this method in other learning contexts to deepen the understanding of its impacts.Keywords: The Learning Outcomes, Outbound, Trigonometry
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024