VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2024): NOVEMBER

IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 04 PANDAN SINTANG

Mulyati, Mulyati Mul (Unknown)
Wicaksono, Luhur (Unknown)
Puspitasari, Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk meningkatkan minat baca dan hasil belajar di SD Negeri 04 Pandan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 29 peserta didik. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi, dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GLS di SD Negeri 04 Pandan meliputi pembiasaan membaca sebelum pelajaran, penggunaan sudut baca, dan penyediaan perpustakaan. GLS juga meningkatkan minat baca peserta didik, terbukti dari banyaknya kunjungan ke perpustakaan dan minat membaca di rumah. Selain itu, GLS berpengaruh pada peningkatan hasil belajar peserta didik, dengan rata-rata nilai meningkat pada setiap bab pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa GLS efektif dalam meningkatkan minat baca dan hasil belajar di sekolah.Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Hasil BelajarABSTRACTThis research aims to describe the implementation of the School Literacy Movement (GLS) to increase reading interest and learning outcomes at SD Negeri 04 Pandan. The approach used is qualitative with descriptive methods. The research subjects consisted of 29 students. Data was collected through interviews and documentation studies, analyzed using the Miles and Huberman model. The research results show that GLS at SD Negeri 04 Pandan includes the habit of reading before lessons, the use of reading corners, and the provision of a library. GLS also increases students' interest in reading, as evidenced by the number of visits to the library and interest in reading at home. Apart from that, GLS has an effect on improving student learning outcomes, with the average score increasing in each learning chapter. This proves that GLS is effective in increasing reading interest and learning outcomes at school.Keywords: School Literacy Movement, Interest in Reading, Learning Outcomes

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...