Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kemampuan anak mengenal warna. (2) Mengetahui penggunaan meida clay dalam stimulus perkembangan anak. (3) Mengetahui peningkatan kemampuan anak setelah menggunakan media bermain clay. Penelitian ”Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Warna Melalui Media Clay di Kelompok Cerdas BKB Cerdas Ceria Ketinggring Kalianget Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024” ini merupakan penelitian tindakan kelas, Penelitian Tindakan Kelas di BKB Cerdas Ceria dilaksanakan pada 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. berdasarkan hasil observasi dan wawancara bersama guru kelas Cerdas BKB Cerdas Ceria peneliti menemukan bahwa dari seluruh jumlah siswa yaitu 15 anak. Teknik pengumpulan data diantaranya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Konsep media yang menarik membuat anak lebih mudah di dalam mengenal warna. Peningkatan kemampuan mengenal warna dengan penggunaan media clay pada anak usia dini di kelas Cerdas BKB Cerdas Ceria Ketinggring Kabupaten Wonosobo dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan awal anak mengenal warna masih cukup rendah berdasarkan hasil observasi. 2) Penggunaan media clay untuk menstimulus anak mengenal warna dilaksanakan dalam dua siklus. 3) Peningkatan kemampuan anak mengenal warna pada siklus I mengalami peningkatan meski belum singnifikan, Peningkatan terjadi pada siklus II dimana kemampuan anak mengenal warna di kelompok Cerdas BKB Cerdas Ceria mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan peneliti sehingga dapat diputuskan untuk tidak melanjutkan ke siklus berikutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024