Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2024)

Eksplorasi kualitas pembelajaran daring: Analisis instrumen penilaian, efikasi diri mahasiswa, dan proses pembelajaran

The, Hery Yanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Studi kasus ini dilakukan pada pembelajaran daring di Institut Nalanda, dengan fokus pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran I. Penelitian bertujuan mengevaluasi kualitas instrumen penilaian, efikasi diri mahasiswa, dan proses pembelajaran daring. Data dikumpulkan dari 21 mahasiswa melalui survei daring. Instrumen penelitian mencakup evaluasi instrumen tes, evaluasi diri, perkuliahan, ujian, dan strategi belajar. Analisis data menggunakan tampilan hasil otomatis dari Google dan QDA Miner untuk pertanyaan terbuka. Hasilnya, 57,1% mahasiswa merasa yakin bisa mengerjakan tes dengan baik, dan 61,9% menganggap soal membantu mengembangkan kemampuan analisis. Penelitian ini bermanfaat bagi pengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengidentifikasi kekurangan dari perspektif mahasiswa. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki strategi pembelajaran daring pada semester yang baru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKJIP

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research and study on education management, curriculum, education assessment, education policy, education technology, learning and teaching, and ...