MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary
Vol. 2 No. 10 (2024): Oktober

Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Inovasi Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar

Abdul Muthalib (Unknown)
Masrul (Unknown)
Kasman Ediputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kreativitas guru terhadap inovasi pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SDN 8 Bukit Batu yang menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 8 orang guru. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap inovasi pembelajaran. Kreativitas guru berkontribusi sebesar 81,3% terhadap inovasi pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kreativitas guru dapat mendorong terjadinya inovasi dalam proses pembelajaran, sehingga implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dapat berjalan lebih efektif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...