MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary
Vol. 2 No. 10 (2024): Oktober

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengajar Terhadap Kemampuan Realistis Dan Representatif Matematis Siswa Kelas V SDN 17 Bantan

Sri Hartenti (Unknown)
Masrul (Unknown)
Imam Hanafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kompetensi pedagogik guru dalam mengajar terhadap kemampuan realistis dan representatif matematis siswa kelas V di SDN 17 Bantan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 17 Bantan, dengan sampel penelitian diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan realistis dan representatif matematis serta angket kompetensi pedagogik guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan kemampuan realistis siswa. Guru yang memiliki kompetensi pedagogik tinggi mampu menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan kontekstual, sehingga siswa dapat mengaitkan konsep-konsep matematika dengan situasi nyata yang mereka hadapi sehari-hari. Selain itu, kompetensi pedagogik guru juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representatif matematis siswa. Siswa yang diajar oleh guru dengan kompetensi pedagogik tinggi mampu memilih dan menggunakan representasi matematis yang lebih sesuai dan efektif. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi peningkatan kualitas pendidikan, khususnya dalam pengembangan profesionalisme guru dan perancangan kurikulum yang lebih fokus pada peningkatan kemampuan realistis dan representatif matematis siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti lain dan praktisi pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran matematika di tingkat dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...