MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary
Vol. 2 No. 10 (2024): Oktober

Pengaruh Pola Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Dan Kinerja Guru Di Sekolah

Suryaningsih (Unknown)
Nurmalina (Unknown)
Kasman Ediputrai (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin dan kinerja guru di sekolah. Kepemimpinan transformasional adalah suatu pendekatan yang bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi para pengikut dengan menciptakan visi yang kuat, mendorong inovasi, dan memperjuangkan perubahan positif. Kepala sekolah sebagai pemimpin transformasional diharapkan mampu menciptakan budaya sekolah yang dinamis, inovatif, dan berorientasi pada pembelajaran yang berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru di beberapa sekolah dasar. Variabel yang diukur meliputi kepemimpinan transformasional, disiplin guru, dan kinerja guru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap disiplin dan kinerja guru. Kepala sekolah yang mampu memberikan pengaruh idealis, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan pertimbangan individual, terbukti dapat meningkatkan disiplin dan kinerja guru. Disiplin yang tinggi di kalangan guru menciptakan lingkungan belajar yang terstruktur dan kondusif, sementara kinerja guru yang optimal berkontribusi pada pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan disiplin dan kinerja guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...