MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary
Vol. 2 No. 10 (2024): Oktober

Pengaruh Metode Membaca Multisensori Terhadap Minat Baca Siswa Dan Membaca Permulaan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 10 Rupat Utara

Wisnu Purwanto (Unknown)
Masrul (Unknown)
Imam Hanafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode membaca multisensori terhadap minat baca siswa dan kemampuan membaca permulaan pada pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 10 Rupat Utara. Metode multisensori yang digunakan melibatkan stimulasi berbagai alat panca indera selama proses belajar membaca, dengan harapan dapat meningkatkan minat baca siswa serta kemampuan mereka dalam membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui observasi minat baca dan tes membaca permulaan yang dilakukan sebelum dan sesudah penerapan metode multisensori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode membaca multisensori memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan minat baca siswa dan kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan analisis data, diperoleh peningkatan rata-rata skor minat baca dan kemampuan membaca permulaan siswa setelah penerapan metode ini. Dengan demikian, metode membaca multisensori dapat direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca permulaan siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...