Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan dan membaca nyaring siswa kelas I SD. Studi ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan menggunakan media gambar, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest kemampuan membaca permulaan dan membaca nyaring di kelas eksperimen adalah 49.78 dan 54.63, sementara di kelas kontrol adalah 50.53 dan 49.67. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata skor posttest di kelas eksperimen meningkat menjadi 70.44 untuk membaca permulaan dan 77.19 untuk membaca nyaring, sedangkan di kelas kontrol masing-masing adalah 60.38 dan 60.33. Peningkatan skor ini membuktikan bahwa media gambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024