Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Projek Penguatan Profil Pancasila (P5) terhadap karakter disiplin dan toleransi siswa kelas IV di SDN 16 Gemalasari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan P5 terhadap peningkatan karakter disiplin siswa dengan 75.3% variasi karakter disiplin dijelaskan oleh P5. Selain itu, terdapat pengaruh signifikan dari P5 terhadap karakter toleransi siswa, meskipun pengaruhnya lebih moderat dengan 42.9% variasi karakter toleransi dijelaskan oleh P5. Analisis multivariat menunjukkan bahwa P5 secara keseluruhan memiliki efek signifikan terhadap kombinasi karakter disiplin dan toleransi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa P5 efektif dalam meningkatkan karakter disiplin dan toleransi siswa sekolah dasar. Namun, untuk mencapai hasil yang lebih optimal, program ini perlu diimplementasikan dengan pendekatan yang lebih integratif, melibatkan semua elemen pendidikan dan lingkungan sosial siswa. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya penguatan program pendidikan karakter di sekolah dasar dengan menekankan integrasi nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024