Keberhasilan sebuah rumah sakit dalam menjalankan fungsinya ditandai dengan adanya hasil dari kualitas pelayanan yang baik. Keberhasilan tersebut ditandai dengan meningkatnya kepuasan pasien. Pasien yang akan merasa puas jika pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit sesuai dengan yang diharapkan oleh pasien Salah satu pelayanan yang ada di rumah sakit yaitu rawat inap. Penelitian ini bertujuan menganalisis harapan dan kepuasan pasien pengguna BPJS kesehatan terhadap pelayanan administrasi di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini ialah pasien rawat yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan harapan (p=0,000) dan kepuasan (p=0,000) pasien BPJS Kesehatan terhadap pelayanan Administrasi di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone. Disarankan bagi pihak RS sebaiknya perlu secara rutin mengamati pelayanannya agar dapat mempertahankan kelebihan-kelebihan yang ada dan selalu meningkatkan kualitas pelayanan yang menurut penilaian pasien belum sesuai dengan yang diharapkan oleh pasien dan bagi peneliti selanjutnua diharapkan dapat menambah variabel yang diteliti dan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai perbandingan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000