Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan kepraktisan LKPD berbasis project based learning (PjBl) untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada materi bioteknologi siswa. Jenis penelitian ini adalah RD (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 1 guru pengampu biologi, dan 7 orang perwakilan kelompok siswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitif. Hasil penelitian berupa: 1) dihasilkan LKPD berbasis project based learning materi bioteknologi dengan dilakukan 3 tahapan yaitu Analysis, Design, Development; 2). Penilaian dari ahli materi diperoleh skor 49 kategori “sangat layak”. Penilaian dari ahli media diperoleh skor 59 kategori “layak”. Penilaian dari guru biologi diperoleh skor 64 kategori “praktis”. Penilaian oleh 7 siswa diperoleh skor 65,14 kategori “sangat praktis”. Berdasarkan data yang didapatkan, maka LKPD project based learning pada materi bioteknologi layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada materi bioteknologi kelas X.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024