Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 3 (2024): Desember

IMPLEMENTASI AKSIOLOGI DI SEKOLAH DASAR PADA PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Sudi Hartono (Unknown)
Ahmad Mahmuri (Unknown)
Dian Nurlela Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Aksiologi, sebagai cabang filsafat yang mempelajari nilai-nilai, memiliki peran penting dalam pendidikan, khususnya di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi nilai-nilai aksiologis dalam lingkungan pendidikan di sekolah dasar, serta dampaknya terhadap perkembangan karakter peserta didik. Dalam konteks globalisasi dan perubahan sosial yang cepat, pendidikan karakter menjadi semakin penting untuk membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki integritas, empati, dan tanggung jawab sosial. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di beberapa sekolah dasar. Hasil menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai aksiologis dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler berdampak signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Salah satu temuan utama adalah bahwa siswa yang terlibat dalam kegiatan yang menekankan nilai-nilai seperti kerjasama, kejujuran, dan rasa hormat menunjukkan peningkatan dalam sikap sosial dan moral. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mencapai pendidikan yang holistik, sekolah perlu lebih fokus pada implementasi nilai-nilai aksiologis dalam setiap aspek pendidikan, serta melibatkan orang tua dan masyarakat dalam proses tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendis

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal pendis merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh yayasan insan cipta medan. jurnal pendis memberikan peluang kepada setiap para akademisi (baik dosen, mahasiswa dan para pendidik lainnya) yang akan menerbitkan tulisan terbaiknya. Secara garis besar tulisan ini akan memuat berbagai ...