ABSTRAK Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan pada remaja, termasuk dalam hal konsep diri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa literasi digital dapat memengaruhi persepsi remaja terhadap diri mereka sendiri. Oleh karena itu, pelatihan literasi digital menjadi penting untuk meningkatkan konsep diri remaja. Pelatihan ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi peningkatan konsep diri remaja melalui pelatihan literasi digital di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Garut. Pelatihan dilakukan melalui serangkaian sesi interaktif yang meliputi pembelajaran teori dan praktik literasi digital. Siswa SMK dilibatkan dalam diskusi, studi kasus, dan kegiatan praktis untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang literasi digital dan pengaruhnya terhadap konsep diri. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang literasi digital dan peranannya dalam membentuk konsep diri. Siswa lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi digital dengan bijak dan memahami pentingnya mengelola identitas online mereka. Diskusi kelompok dan refleksi pribadi membantu siswa memahami dampak literasi digital terhadap persepsi diri mereka dan hubungannya dengan lingkungan sekitar. Pelatihan literasi digital di lingkungan SMK dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan konsep diri remaja. Memahami dan mengelola identitas digital mereka dapat membantu remaja membangun kepercayaan diri dan menjaga kesehatan mental mereka di era digital saat ini. Langkah selanjutnya adalah memperluas pelatihan ini ke sekolah-sekolah lain dan memperhatikan dampak jangka panjangnya terhadap perkembangan remaja.
Copyrights © 2024