ABDIMAS SILIWANGI
Vol. 7 No. 3 (2024): Oktober 2024

Pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru di era digital melalui pemanfaatan aplikasi SAGURU (sistem administrasi guru)

Wulansuci, Ghina (Unknown)
Nurunnisa, Rita (Unknown)
Aprianti, Ema (Unknown)
Trisniarti, Susanti (Unknown)
Titin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Permasalahan yang terjadi di beberapa lembaga yang dinaungi oleh NS-IN TK Jawa Barat khususnya di kota Bekasi saat ini adalah rendahnya kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh para guru PAUD dan minimnya pemanfaatan Teknologi dalam pembelajaran. Permasalahan terjadi diakibatkan oleh sulitnya guru dalam mempersiapkan administrasi pembelajaran, dikarenakan memerlukan waktu yang lama, serta belum terdapat aplikasi yang mempermudah guru membuat administrasi pembelajaran, dengan hasil evaluasi awal menunjukan bahwa diperlukan aplikasi untuk memudahkan guru dalam membuat administrasi pembelajaran. Tujuan pelaksanaan pengabdian yaitu meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan memudahkan guru untuk membuat administrasi pembelajaran dengan cepat tanpa memerlukan waktu lama, dengan hanya menginstal aplikasi SAGURU. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu metode Pelatihan, dengan mitra sasaran yaitu guru dari 10 lembaga TK yang ada di kota Bekasi yang dinaungi oleh NS-IN TK Jawa Barat. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukan bahwa 80% aplikasi SAGURU diimplementasikan dengan baik dan konsisten, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan implementasi aplikasi SAGURU mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru, guru disiplin beradminitrasi, dan administrasi pembelajaran lebih terstruktur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...