Latar Belakang: Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber zat gizi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan anak. Menyusui sangat penting, terutama pada tahap awal kehidupan; dengan demikian, bayi baru lahir cukup diberi ASI saja selama 6 bulan pertama tanpa menambah atau mengganti makanan dan minuman lain. Menyusui segera setelah lahir juga meningkatkan kontraksi rahim, menurunkan kehilangan darah ibu selama masa nifas. Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemberian edukasi terhadap pengetahuan ibu post partum tentang menyusui. Metode: jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pre test-post test design. Penelitian dilakukan di klinik dina karya tahun 2024. Waktu penelitian bulan April s/d September tahun 2024. Populasi adalah seluruh ibu post partum klinik dina karya tahun 2024 berjumlah 30 orang. Sampel diambil secara purposive sampling berjumlah 30 orang. Analisa data dengan univariat dan bivariat dengan uji uji paired sample t-test. Hasil: Nilai signifikansi (2-tailed) dari pengetahuan dengan efektifitas pemberian edukasi ini adalah 0.037 (p < 0.05). Sehingga hasil pre test dan post test mengalami perubahan yang signifikan (berarti) pada ibu post partum di klinik dina karya medan Tahun 2024. Kesimpulan: hasil uji paired sample t-test menunjukkan pengetahuan dengan efektifitas pemberian edukasi sesudah dilakukan perlakuan dapat meningkatkan pengetahuan responden tentang menyusui. Saran: bagi tempat penelitian diharapkan agar dapat meningkatkan lagi penyuluhan agar pengetahuan ibu tentang menyusui semakin bertambah serta dapat menumbuhkan kesadaran ibu. Kata Kunci: Efektivitas Pemberian Edukasi, Pengetahuan ABSTRACT Background: Breast milk is a source of nutrients that can be beneficial for the health of mothers and children. Breastfeeding is very important, especially in the early stages of life; thus, newborns are only given breast milk for the first 6 months without adding or replacing other foods and drinks. Breastfeeding immediately after birth also increases uterine contractions, reducing maternal blood loss during the postpartum period. Objective: This study was to determine the effectiveness of providing education on postpartum mothers' knowledge about breastfeeding. Method: This type of quasi-experimental research used a one-group pre-test-post-test design. The study was conducted at the Dina Karya clinic in 2024. The study period was April to September 2024. The population was all postpartum mothers at the Dina Karya clinic in 2024 totaling 30 people. The sample was taken by purposive sampling totaling 30 people. Data analysis with univariate and bivariate with paired sample t-test. Results: The significance value (2-tailed) of knowledge with the effectiveness of providing education is 0.037 (p <0.05). So that the results of the pre-test and post-test experienced significant changes (meaning) in postpartum mothers at the Dina Karya Medan clinic in 2024. Conclusion: the results of the paired sample t-test show that knowledge with the effectiveness of providing education after treatment can increase respondents' knowledge about breastfeeding. Suggestion: for research sites, it is hoped that they can improve counseling so that mothers' knowledge about breastfeeding increases and can raise mothers' awareness. Keywords: Effectiveness of Providing Education, Knowledge
Copyrights © 2024