Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 11, No 1 (2024): Lemma: Letters of Mathematics Education

ANALISIS FAKTOR KESULITAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR MATEMATIKA

Hapsari, Agnesi Alifia (Unknown)
Darmawan, Puguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyusun bahan ajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara pada 2 Oktober 2024 dengan tiga subjek yang merupakan mahasiswa yang menempuh mata kuliah bahan ajar matematika. Subjek dipilih menggunakan metode purposive sampling sehingga sampel bisa mewakili seluruh kesulitan yang dialami subjek penelitian. Subjek berasal dari salah satu universitas yang berbasis pendidikan di daerah Malang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan disebabkan oleh faktor internal, seperti pemahaman materi, motivasi, dan keterbatasan kemampuan literasi bahasa Inggris, serta faktor eksternal, seperti dosen, konflik dalam kerja kelompok, dan suasana kelas yang tegang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...