Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran QSH (Question Student Have) dan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IX SMP N 2 Sidomulyo tahun ajaran 2023/2024. Teknik sampling penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instumen tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self confidence. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji anava dua arah dimana sebaran datanya sudah berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis data maka disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh dimana kemampuan komunikasi matematis pada strategi pembelajaran QSH lebih baik daripada pembelajaran ekspositori dimana nilai signifikan sebesar 0,011 yang artinya taraf signifikan < 0,05; 2) terdapat pengaruh self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis dimana self confidence kategori tinggi lebih baik dari kategori sedang dan rendah dimana nilai signifikan sebesar 0,011 yang artinya taraf signikan < 0,05; 3) tidak terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran QSH dengan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis dimana nilai signifikan sebesar 0,719 yang artinya taraf signifikan > 0,05.
Copyrights © 2024