J-IKA : Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung
Vol 11, No 2 (2024): September

Transformasi Model Bisnis Media Di Era Digital: Dari Konvergensi ke Digitalisasi

Widagdhaprasana, Massageng (Unknown)
Dahana, Abyzan Syahadin Bagja (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Kehadiran internet mendisrupsi bisnis media konvensional dari semua sisi model bisnisnya, di mana sebelumnya media hanya diproduksi dalam bentuk cetak atau disiarkan melalui televisi, yang kemudian didistribusikan melalui saluran-saluran terbatas sehingga berimplikasi kepada keterbatasan pola konsumsi. Internet ‘memaksa’ media untuk meninggalkan zona ‘nyamannya’ karena teknologi ini mengubah pola produksi, distribusi, konsumsi hingga monetisasi konten dan produk medianya. Internet memberikan kemudahan akses informasi yang sebelumnya terbatas menjadi sangat mudah untuk dijangkau publik yang kemudian mengubah pola konsumsi publik terhadap media sehingga berimplikasi terhadap monetisasi media. Hal ini menjadikan penelitian terkait dengan peninjauan dan pengkajian model-model bisnis “baru” yang diterapkan oleh berbagai media nasional di era digital ini menjadi menarik untuk dilakukan, termasuk juga dengan berbagai media “non konvensional” yang bersifat digital nativemenjadi penting untuk dilakukan. Dengan mengadopsi studi pustaka sebagai metode, penelitian ini menemukan bahwa terdapat perubahan model bisnis media dari era konvergensi ke era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA) Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Bahasa dan ...