INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
Vol 4, No 2 (2024): INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat

Transformasi Limbah Organik Menjadi Pakan Bernilai Tinggi: Pengembangan Kapasitas UMKM di Kabupaten Blitar

Purnomo, Purnomo (Unknown)
Tuwoso, Tuwoso (Unknown)
Hadi, Syamsul (Unknown)
Dika, Johan Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi inovatif bagi UMKM pakan ternak Nur Gamblong di Desa Sumberingin, Kecamatan Sanankulon, yang mengalami kesulitan dalam menyediakan pakan alternatif berkualitas bagi ternak ruminansia. Ketersediaan pakan hijauan yang menurun selama musim kemarau mendorong peternak beralih ke pakan berbasis limbah organik. Namun, limbah organik yang diterima dari pabrik sering tercampur dengan kotoran seperti tali dan kayu, yang menurunkan minat konsumen. Untuk mengatasi masalah ini, Tim Pengabdian Program Edu-Sosio-Preneurship merancang mesin mixer yang dirancang untuk mencampur limbah organik dengan bahan tambahan berprotein tinggi, sehingga menghasilkan pakan alternatif bernutrisi tinggi secara lebih efisien. Pelaksanaan kegiatan meliputi perancangan dan uji performa mesin mixer, serta penilaian kualitas nutrisi pakan yang dihasilkan. Hasil menunjukkan bahwa teknologi mixer ini mampu meningkatkan efisiensi produksi pakan dan meningkatkan kualitas nutrisi, yang berdampak positif pada minat peternak untuk menggunakan pakan alternatif sebagai solusi yang lebih efisien dan bernutrisi, mendukung ketahanan pangan ternak di Kecamatan Sanankulon.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inovasi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...