Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 14, No 1 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 2024

Analisis Kepuasan Konsumen di PT XYZ dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)

Tantyadevi, Yuan Astari (Unknown)
Wahyu Utami, Indah (Unknown)
Filemon Waluyono, Garnet (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2024

Abstract

Dalam sebuah bisnis atau usaha kepuasan konsumen terhadap kualitas produk sangat berpengaruh akan dinamika pasar dan harapan konsumen dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk pada PT Ganep Tradisi Solo cabang Banjarsari. Dalam konteks persaingan yang semakin ketat di industri roti dan kue, pemahaman yang baik tentang kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi toko roti Ganep. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh konsumen yang membeli produk dari PT Ganep Tradisi Solo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik Accidental sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan model metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan diolah dengan software SPSS 25 (Statistical Program and Service Solution). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensiĀ  performance, reliability, conformance, durability dan perceived quality berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen secara parsial. Namun pada dimensi feature dan serviceability terdapat hasil rendah sehingga disarankan untuk meningkatkan variasi produk roti Ganep dengan menambah jenis roti yang baru agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk roti Ganep.

Copyrights © 2024