Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 14, No 1 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 2024

Pengaruh Grafik Perjalanan Kereta Api Terhadap Pembebanan Gardu traksi KRL Rute Duri-Tangerang

Koerniawan, Tony (Unknown)
Wasri Hasanah, Aas (Unknown)
Sulistiyo, Eko (Unknown)
Yudho, Satrio (Unknown)
Nursita, Ersalia Dewi (Unknown)
Alwani, Audita (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2024

Abstract

Salah satu komponen utama untuk menyuplai energi listrik ke Kereta Rel Listrik (KRL) rute Duri- Tangerang agar dapat beroperasi adalah gardu traksi. Dalam mengatur KRL ini PT. KCI menggunakan GAPEKA atau Grafik Perjalanan Kereta Api yang menjadi acuan dalam pengaturan perjalanan kereta. Dengan menggunakan metode kuantitatif maka penulis ingin mengetahui pengaruh GAPEKA terhadap pembebanan Gardu Traksi khususnya rute Duri-Tangerang. Setelah dianalisa dari pengaruh GAPEKA, maka nilai kapasitas daya yang dibutuhkan terbesar pada KRL rute Duri – Tangerang tahun 2024 adalah pada gardu traksi Kalideres dengan nilai sebesar 439,73 kW. Adapun kapasitas gardu traksi yang disediakan adalah sebesar 3835 kW, dapat dikatakan bahwa kapasitas daya yang dibutuhkan KRL rute Duri-Tangerang masih memenuhi.

Copyrights © 2024