Salah satu komponen utama untuk menyuplai energi listrik ke Kereta Rel Listrik (KRL) rute Duri- Tangerang agar dapat beroperasi adalah gardu traksi. Dalam mengatur KRL ini PT. KCI menggunakan GAPEKA atau Grafik Perjalanan Kereta Api yang menjadi acuan dalam pengaturan perjalanan kereta. Dengan menggunakan metode kuantitatif maka penulis ingin mengetahui pengaruh GAPEKA terhadap pembebanan Gardu Traksi khususnya rute Duri-Tangerang. Setelah dianalisa dari pengaruh GAPEKA, maka nilai kapasitas daya yang dibutuhkan terbesar pada KRL rute Duri – Tangerang tahun 2024 adalah pada gardu traksi Kalideres dengan nilai sebesar 439,73 kW. Adapun kapasitas gardu traksi yang disediakan adalah sebesar 3835 kW, dapat dikatakan bahwa kapasitas daya yang dibutuhkan KRL rute Duri-Tangerang masih memenuhi.
Copyrights © 2024