Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 12 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Fantikasari, Feni (Unknown)
Pratiwi, Lisa (Unknown)
Maria, Titian (Unknown)
Silalahi, Taruli Marito (Unknown)
Purba, Ismaini Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa SD berdasarkan studi literatur yang ada. Model pembelajaran TGT merupakan salah satu pendekatan yang menekankan pada kerja sama antar siswa dalam tim untuk mencapai tujuan pembelajaran, serta adanya elemen kompetisi yang menyenangkan dalam bentuk turnamen. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan, ditemukan bahwa penerapan TGT dapat meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, serta pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, TGT juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling mengajarkan dan belajar dari teman sekelompok, sehingga memperkuat pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan. Hasil penelitian dari berbagai sumber menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model TGT, terutama dalam hal pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan menyelesaikan masalah. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika di tingkat SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...