Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 12 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

URGENSI LAYANAN INFORMASI DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI MTs. AL-MUNAWWARAH BINJAI UTARA

Ginting, M.Farhan Syahreza (Unknown)
Hasibuan, Ali Daud (Unknown)
Suryani, Ira (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana permasalahan sosial yang sering dilakukan oleh peserta didik di MTs. Al-Munawwarah Binjai Utara yang sering dilakukan oleh peserta didik di MTs. Al-Munawwarah Binjai Utara dan urgensi layanan informasi dengan pendekatan pendidikan akhlak untuk mengatasi permasalahan sosial peserta didik di MTs. Al-Munawwarah Binjai Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi yang dilakukan oleh penulis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pendekatan dekripstif kualitatif guna untuk mendapatkan gambaran (deskriptif) secara mendalam. Data ini diperoleh melalui wawancara, studi dokumentasi, observasi. Informan penelitian ini terdiri dari kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan dan Siswa. Teknis analisis data menggunakan reduksi wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi layanan informasi dengan pendekatan pendidikan akhlak untuk mengatasi permasalahan sosial peserta didik di MTs. Al-Munawwarah Binjai Utara adalah untuk meningkatkan pendidikan akhlak dalam mengatasi permasalahan sosial peserta didik di MTs. Al-Munawwarah Binjai Utara, misal jika ada siswa yang cabut atau bolos, maka selaku guru atau pengelola mengajak siswa untuk beristigfar terlebih dahulu, dan memberikan nasehat bahwa setiap manusia itu pasti pernah melakukan kesalahan, tetapi kita sebagai manusia juga harus mengakui kesalahan dan merenungi bahwa setiap kesalahan itu pasti ada dampaknya dan bisa diperbaiki. Mengenai pendekatannya siswa yang bermasalah selalu pihak madrasah selaku mengajak untuk beristigfar, mencarikan solusi dan sanksi yang dapat memberikan efek jera dan siswa tidak mengulangi kesalahan yang sama

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...