Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 12 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

POTRET PRAKTIK MANAJEMEN MODEL SEKOLAH BERASRAMA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA INSAN CENDEKIA SYEKH YUSUF

Syafaat, Andi Alya Rezeki (Unknown)
Marwah, Besse (Unknown)
Tryfamanda, A. (Unknown)
Arismunandar, Arismunandar (Unknown)
Ansar, Ahlun (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model sekolah berasrama di SMA Insan Cendekia Syekh Yusuf dalam pengembangan karakter siswa melalui sistem asrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu wawancara langsung dengan pengelola asrama, dengan meneliti gambaran umum sekolah, pengelolaan asrama, dan keterlibatan orang tua. Hasil penelitian, berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA Insan Cendekia Syekh Yusuf, menunjukkan bahwa lingkungan asrama membantu siswa mempelajari prinsip-prinsip agama, disiplin, dan tanggung jawab melalui berbagai kegiatan sehari-hari. Selain itu, program pendidikan, fasilitas yang nyaman, dan perhatian guru juga memainkan peran penting dalam pengembangan karakter siswa. Namun, tantangan masih ada, terutama dalam memastikan disiplin siswa setelah pulang ke rumah. Dengan cara ini, kerjasama antara sekolah dan individu akan semakin diperkuat dan pengembangan karakter akan berjalan dengan lancar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...