Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 12 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENGARUH MEDIA MISTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NORMA DALAM KEHIDUPANKU KELAS V DI SD NEGERI 2 MEUREUDU

Fahira, Muntaza (Unknown)
Safiah, Intan Safiah (Unknown)
Ahadin, Ahadin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Hasil Belajar siswa tergolong rendah dan penggunaan media pembelajaran yang masih kurang digunakan dalam pembelajaran terutama media mistery box. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Mistery Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Norma Dalam Kehidupanku Kelas V Di SD Negeri 2 Meureudu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent countrol group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 peserta didik V A kelas eksperimen dan 17 peserta didik V B kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes pilihan ganda berjumlah 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan media mistery box dengan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen sebesar 83.89 dan kelas kontrol sebesar 42.22. Adapun uji hipotesis dengan hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Mistery Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Norma Dalam Kehidupanku Kelas V Di SD Negeri 2 Meureudu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...