Kultura: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 2 No. 11 (2024): Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora

Analisis Strategi Pemasaran Digital Suatu Destinasi Wisata

Pahabol, Aleks (Unknown)
Purnama, Dewi (Unknown)
Rahmadina, Elsa (Unknown)
Vania, Fedora (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Pemasaran digital telah menjadi salah satu strategi penting dalam industri pariwisata, termasuk dalam mempromosikan destinasi wisata. Dengan perkembangan teknologi dan internet, destinasi wisata kini dapat menjangkau audiens yang lebih luas melalui platform digital. Analisis strategi pemasaran digital untuk destinasi wisata berfokus pada pemanfaatan berbagai alat dan saluran digital seperti media sosial, situs web, dan aplikasi mobile untuk menarik perhatian wisatawan. Penggunaan media sosial memungkinkan destinasi wisata untuk berinteraksi langsung dengan calon pengunjung, membangun brand awareness, serta menyebarkan informasi yang relevan melalui konten visual dan video. Selain itu, optimisasi mesin pencari (SEO) juga menjadi elemen penting dalam memaksimalkan visibilitas online sebuah destinasi wisata. Penggunaan strategi pemasaran digital tidak hanya berfokus pada aspek promosi, tetapi juga pada pengalaman pengguna (user experience) dalam menjelajahi situs atau platform digital destinasi. Kecepatan akses, tampilan yang menarik, serta informasi yang mudah ditemukan dapat meningkatkan tingkat konversi pengunjung menjadi wisatawan. Pemanfaatan analitik web dan data besar juga memainkan peran penting dalam memahami perilaku konsumen, preferensi, serta kebutuhan pasar, sehingga destinasi wisata dapat menyesuaikan tawaran dan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran. Dalam hal ini, strategi pemasaran digital untuk destinasi wisata juga harus mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan keaslian dari pengalaman yang ditawarkan, agar tetap relevan di tengah persaingan pasar global yang semakin ketat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Kultura: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Kultura memuat hasil-hasil penelitian di bidang ilmu sosial dan humaniora. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan tulisan-tulisan dalam bidang ilmu ...