IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology)
Vol 9, No 2 (2024): November 2024

Inovasi Teknologi Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Tunanetra

Hikmah, Agung Baitul (Unknown)
Fatah, Haerul (Unknown)
Christian, Vincent (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Kecerdasan buatan menjadi salah satu kebutuhan untuk mendukung pekerjaan manusia. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan inovasi teknologi berbasis Artificial Intelligence menjadi media pembelajaran sebagai solusi untuk meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pembelajaran bagi siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya. Inovasi teknologi menggunakan layanan suara interaktif untuk membantu siswa tunanetra mempelajari materi pembelajaran. Dengan menerapkan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan metode pengujian SQA (Software Quality Assurance). Hasil pengujian aplikasi secara kuantitatif dengan metode SQA (Software Quality Assurance) menunjukan skor 88.4. hal ini menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa tunanetra terhadap materi yang disampaikan. Kontribusi penelitian yang dihasilkan dapat mendukung proses belajar-mengajar, serta meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa tunanetra. Artificial Intelligence has become essential to support human tasks. This study aims to implement AI-based technological innovation into educational media as a solution to enhance the accessibility and effectiveness of learning for visually impaired students at the Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Bahagia Tasikmalaya City. The technology innovation utilizes interactive voice services to assist visually impaired students in learning course material. The ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) method and testing SQA (Software Quality Assurance) method was applied to guide the development process. Quantitative testing of the application using the Software Quality Assurance (SQA) method resulted in a score of 88.4, indicating that this learning media application effectively enhances both understanding and motivation among visually impaired students regarding the presented material. Thus, this research contributes to supporting the teaching and learning process, while increasing engagement and interest in learning for visually impaired students.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijcit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal IJCIT Terbit pertama kali pada Bulan Mei Tahun 2016. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media publikasi hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian pada bidang Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Terbit secara berkala 2 (dua) kali ...