Edukimia
Vol 6, No 3 (2024): Edukimia - Vol. 06, Issue 03

Efektivitas Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Aplikasi Discord Pada Materi Termokimia

Amien, Nurkholishah (Unknown)
Mawardi, Mawardi (Unknown)
Suryani, Okta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran flipped class  berbasis inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Discord tentang materi termokimia terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah lanjutan dari penelitian pengembangan model Plomp dengan jenis penelitian quasi eksperimen berdesain Non-equivalent control group design . Penelitian ini melibatkan dua kelas sampel yaitu eksperimen dan kontrol dengan jumlah sampel 60 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling . Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, kelas eksperimen memiliki nilai N-gain 0,70 dan kelas kontrol memiliki nilai N-gain 0,54. Sesuai dengan nilai N-gain, esektivitas kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi, dan kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang. Hipotesis selanjutnya diuji menggunakan uji-t, diperoleh nilai t-hitung sebesar 0,73 dan t-tabel sebesar 2,048. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan flipped class berbasis inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan aplikasi Discord untuk materi termokimia efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukimia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukimia is an academic journal that published all the studies in the chemistry areas which related to education, learning, teaching, curriculum development, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, research & development, ...