Edukimia
Vol 6, No 3 (2024): Edukimia - Vol. 06, Issue 03

Efektifivitas E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi TPACK Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Fase F di SMAN 1 Luhak Nan Duo

Antika, Rindi (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)
Guspatni, Guspatni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Tersedia E-modul kesetimbangan kimia berbasis problem based learning terintegrasi TPACK yang valid dan praktis namun belum diuji ke tahap efektivitas terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas e-modul kesetimbangan kimia berbasis problem based learning terintegrasi TPACK terhadap peningkatan literasi numerasi peserta didik fase F di SMAN 1 Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI fase F yang mengambil peminatan kimia. Teknik pengambilan sampel yang dugunakan adalah teknik sampling total yaitu kelas XI F Kimia-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kimia-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan  berupa soal tes literasi numerasi kesetimbangan kimia. Data yang diperoleh dianalisis dengan N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol berturut-turut 0,7 dengan kategori tinggi dan 0,5 dengan kategori sedang Hasil  analisis uji normalitas dan homgenitas menunjukkan bahwa data literasi numerasi kedua kelas sampel teristribusi normal dengan varians yang tidak homogen dengan hasil tersebut maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t’. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t’hitung (-3.924) diluar dari penerimaan H0 ( -2,008t’2,008); yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan e-modul kesetimbangan kimia berbasis problem  based learning terintegrasi TPACK efektif terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik di SMA Fase F.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukimia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukimia is an academic journal that published all the studies in the chemistry areas which related to education, learning, teaching, curriculum development, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, research & development, ...