Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran gambar berseri berbasis digital terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas VI SDN 28 Dompu. Kemampuan menulis siswa yang masih rendah menjadi perhatian utama, terutama dalam menyusun alur cerita yang koheren. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media gambar berseri berbasis digital dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes menulis karangan yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test), serta dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri berbasis digital memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan siswa. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen (78,6) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (70,3). Peningkatan ini juga terlihat pada aspek penilaian menulis, seperti kelengkapan ide, koherensi, tata bahasa, dan penggunaan kosa kata. Hal ini menunjukkan bahwa media gambar berseri berbasis digital dapat membantu siswa dalam mengembangkan ide, memperbaiki struktur karangan, dan meningkatkan keterampilan menulis secara keseluruhan. Penelitian ini menyarankan agar media gambar berseri berbasis digital diterapkan lebih luas dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar.
Copyrights © 2024