Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun sumber daya manusia, salah satunya dengan meningkatkan literasi siswa, terutama di bidang Bahasa Indonesia. Namun, hasil Ujian Nasional menunjukkan bahwa banyak siswa Indonesia yang masih kesulitan dalam menguasai keterampilan literasi, khususnya di tingkat SMP. Pemanfaatan media pembelajaran digital dianggap sebagai solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran digital terhadap kemampuan literasi Bahasa Indonesia siswa SMP 2 Hu’u. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (menggunakan media digital) dan kelompok kontrol (menggunakan metode konvensional). Data dikumpulkan melalui tes literasi (membaca, menulis, berbicara) dan angket motivasi siswa selama enam minggu pembelajaran. Hasil tes menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dibandingkan kelompok kontrol, dengan nilai p masing-masing untuk tes membaca, menulis, dan berbicara adalah 0,001, 0,002, dan 0,004, yang menunjukkan pengaruh positif penggunaan media digital. Selain itu, 85% siswa di kelompok eksperimen melaporkan bahwa media digital membantu mereka memahami materi dengan lebih baik, dibandingkan dengan 45% siswa di kelompok kontrol.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024