KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science
Vol 6 No 2 (2024): Edisi 11

PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ILMUKOMUNIKASI_UNJ TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNJ

Wulandari, Helyana (Unknown)
Prananingrum, Elisabeth Nugrahaeni (Unknown)
Sutjipto, Vera Wijayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Perkembangan teknologi dalam era globalisasi saat ini tidak dapat dihindari dan akan terus berkembang di masa mendatang. Hampir semua kegiatan manusia seluruhnya menggunakan teknologi. Salah satu aktivitas manusia yang sering menggunakan peran teknologi yaitu dalam bidang informasi dan komunikasi. Dengan meningkatnya penggunaan instagram, kini platform tersebut juga digunakan untuk berbagai tujuan termasuk menyebarkan informasi kepada khalayak. Berbagai pihak, seperti komunitas, organisasi, perusahaan, institusi, dan kelompok lainnya turut memanfaatkan instagram untuk menyebarkan informasi. Akun instagram @ilmukomunikasi_unj memanfaatkan instagram sebagai sarana untuk berbagi informasi. Akun ini memfasilitasi mahasiswa dalam memberikan informasi mengenai akademik dan nonakademik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh akun Instagram @ilmukomunikasi_unj terhadap kebutuhan informasi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer dari kuesioner dan data sekunder dari jurnal, buku, artikel berita, serta situs web. Sampel penelitian terdiri dari 45 mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Ilmu Komunikasi UNJ, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penilitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh media sosial Instagram @ilmukomunikasi_unj terhadap kebutuhan informasi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ.  Kata Kunci: Sosial Media, Kebutuhan Informasi, Instagram

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Strategi Komunikasi, Public Relation, Komunikasi Sosial Budaya, Manajemen Komunikasi, Media dan Komunikasi, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Politik, Komunikasi ...