Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan pedagogis integratif dalam kultivasi nilai-nilai Islam wasathiyah di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Pringsewu. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai seperti tawassuth, tawazun, i'tidal, tasamuh, dan syura diintegrasikan ke dalam kurikulum dan praktik pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pedagogis integratif yang meliputi integrasi kurikulum, pembelajaran aktif, experiential learning, dan pemanfaatan teknologi, efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai wasathiyah oleh santri. Efektivitas ini terlihat dari peningkatan pemahaman konseptual, pengembangan kemampuan analitis, perubahan sikap dan perilaku, serta penguatan identitas keislaman yang moderat. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi dan area potensial untuk pengembangan lebih lanjut. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan model pendidikan Islam yang moderat dan kontekstual di era global.
Copyrights © 2024