Perada: Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu
Vol 7 No 2 (2024)

Pendekatan Pedagogis Integratif dalam Pengembangan Nilai-Nilai Islam Wasathiyah: Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Pringsewu

Umam, Khoirul (Unknown)
Achadi, Muh. Wasith (Unknown)
Asy’ari, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan pedagogis integratif dalam kultivasi nilai-nilai Islam wasathiyah di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Pringsewu. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai seperti tawassuth, tawazun, i'tidal, tasamuh, dan syura diintegrasikan ke dalam kurikulum dan praktik pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pedagogis integratif yang meliputi integrasi kurikulum, pembelajaran aktif, experiential learning, dan pemanfaatan teknologi, efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai wasathiyah oleh santri. Efektivitas ini terlihat dari peningkatan pemahaman konseptual, pengembangan kemampuan analitis, perubahan sikap dan perilaku, serta penguatan identitas keislaman yang moderat. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi dan area potensial untuk pengembangan lebih lanjut. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan model pendidikan Islam yang moderat dan kontekstual di era global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

perada

Publisher

Subject

Religion Health Professions Social Sciences

Description

Jurnal Perada fokus pada kajian keislaman di kawasan Melayu. Kajian utama jurnal Perada meliputi: Studi Islam di Melayu: meliputi kajian Alquran dan tafsir, hadis, syariah, tarbiyah, dakwah, sosiologi agama, sejarah serta disiplin ilmu lain yang terkait kajian kawasan Melayu. Pemikiran Islam: ...