PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan
Vol 12 No 3 (2024): Edisi Oktober

POLITICAL PEDAGOGY: OPTIMALISASI TIKTOK KPU SUMATERA SELATAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN POLITIK GENERASI Z

Widyanti, Rachma (Unknown)
Amaliatulwalidain, Amaliatulwalidain (Unknown)
Adi Putra, Dwiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap peran konten digital KPU Provinsi Sumatera Selatan dalam meningkatkan pengetahuan politik Generasi Z menjelang pemilihan presiden 2024. Menggunakan teori Pedagogy Politik sebagai bagian dari pedagogi kritis, penelitian ini menyoroti bagaimana kekuasaan dan wewenang berperan dalam membentuk pengetahuan politik secara positif. Dengan metode campuran (mix method) kualitatif dan kuantitaif, pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan penelitian ini ialah melakukan observasi, wawancara bersama Gen Z seperti beberapa mahasiswa/i Sumatera Selatan dan menyebarkan kuesioner kepada siswa/siswi SMA/K Sumatera Selatan serta melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebagian Generasi Z memahami konten KPU; 2) banyak yang menggunakan TikTok lebih untuk hiburan; 3) KPU telah berupaya keras untuk menyampaikan informasi politik melalui konten digital. Kesimpulannya, meskipun kuesioner menunjukkan Generasi Z memahami konten KPU, wawancara mengungkapkan masih ada yang belum tahu atau memahami keberadaan konten tersebut di TikTok. Perbedaan tingkat pemahaman media sosial di antara individu menjadi batasan penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

praja

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah PRAJA, publish by Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, for information and communication resources for academics, and observers of Governance Sciences, Social Sciences, Political Sciences, Methodology of Social Sciences and Social Work. The ...