Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk penggunaan game edukasi berbasis mobile yang terbukti sebagai alat pembelajaran interaktif dan efektif. Di SD Negeri 82 Barru, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya tentang tata surya, masih dilakukan secara konvensional, menyebabkan kesulitan bagi guru dalam menyajikan materi yang menarik dan bagi siswa dalam memahami konsep abstrak. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan aplikasi game edukasi berbasis mobile yang dirancang untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 82 Barru. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, simulasi, dan evaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS). Peserta terdiri dari 16 siswa kelas VI dan 1 guru IPA. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi berhasil dirancang dan memperoleh skor SUS rata-rata sebesar 78, yang termasuk dalam kategori "Baik". Penggunaan aplikasi ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tata surya, dibuktikan dengan hasil kuis dengan tingkat keberhasilan rata-rata lebih dari 80%. Aplikasi game edukasi berbasis mobile ini efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD, serta mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024