Pentingnya sumber daya manusia berkualitas dalam pembangunan suatu negara telah menempatkan pendidikan sebagai aspek penting yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Artikel ini membahas peran pendidikan dalam membentuk karakter siswa, khususnya di tingkat SMP, dengan fokus pada pengembangan perilaku belajar mandiri. Merujuk pada literatur dan regulasi pendidikan, penelitian ini menyoroti pentingnya kemandirian belajar siswa sebagai landasan untuk mencapai karakter yang baik. Pendekatan teknik self-management dalam bimbingan dan konseling di sekolah menjadi fokus utama artikel ini, dengan penekanan pada bagaimana teknik ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan tinjauan pustaka untuk mendapatkan landasan teori yang kuat. Hasil dan pembahasan mencakup teknik manajemen mandiri yang dapat diterapkan siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya, serta hambatan dan tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapannya. Artikel ini menunjukkan bahwa motivasi belajar, disiplin belajar, dan dukungan sosial merupakan faktor yang saling terkait dalam pembentukan kemandirian belajar siswa. Untuk mengatasi hambatan dalam penerapan teknik manajemen mandiri, diperlukan pendekatan komprehensif yang melibatkan pelatihan, dukungan sekolah, keterlibatan orangtua, dan pertimbangan konteks budaya. Kesimpulannya, pengelolaan waktu dan kemandirian belajar siswa merupakan aspek krusial dalam membentuk karakter dan keberhasilan belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024