Pasca pandemi, adopsi teknologi digital dalam pendidikan mengalami percepatan yang signifikan, terutama dalam pembelajaran bahasa asing. Salah satu inovasi yang berkembang adalah Mobile Assisted Language Learning (MALL) yang memanfaatkan teknologi smartphone dan internet. Aplikasi Duolingo adalah salah satu platform MALL terpopuler secara global, menawarkan pembelajaran berbasis gamifikasi untuk lebih dari 40 bahasa. Popularitasnya juga meningkat pesat di Indonesia, dengan pertumbuhan pengguna mencapai enam kali lipat antara tahun 2020-2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman pembelajar dalam menggunakan Duolingo, sebagai salah satu bentuk MALL, dalam konteks pembelajaran bahasa asing. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini memetakan lima aspek utama yang mempengaruhi pengalaman pengguna, yaitu aspek peserta didik, guru, program pembelajaran, sistem teknologi, dan sistem sosial yang difasilitasi teknologi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai efektivitas MALL dan berkontribusi terhadap kebijakan pendidikan digital di Indonesia.
Copyrights © 2024