Risenologi
Vol. 9 No. 2 (2024): Risenologi

E-Learning Learner Experience pada Pengguna Mobile Assisted Language Learning

Anggun Nadia Fatimah (Universitas Negeri Jakarta)
Mentari Anugrah Imsa (Universitas Negeri Jakarta)
Asep Soegiarto (Universitas Negeri Jakarta)
Siti Lintang Oktiara (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Pasca pandemi, adopsi teknologi digital dalam pendidikan mengalami percepatan yang signifikan, terutama dalam pembelajaran bahasa asing. Salah satu inovasi yang berkembang adalah Mobile Assisted Language Learning (MALL) yang memanfaatkan teknologi smartphone dan internet. Aplikasi Duolingo adalah salah satu platform MALL terpopuler secara global, menawarkan pembelajaran berbasis gamifikasi untuk lebih dari 40 bahasa. Popularitasnya juga meningkat pesat di Indonesia, dengan pertumbuhan pengguna mencapai enam kali lipat antara tahun 2020-2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman pembelajar dalam menggunakan Duolingo, sebagai salah satu bentuk MALL, dalam konteks pembelajaran bahasa asing. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini memetakan lima aspek utama yang mempengaruhi pengalaman pengguna, yaitu aspek peserta didik, guru, program pembelajaran, sistem teknologi, dan sistem sosial yang difasilitasi teknologi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai efektivitas MALL dan berkontribusi terhadap kebijakan pendidikan digital di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

risenologi

Publisher

Subject

Chemistry Education Engineering Mathematics Social Sciences

Description

Risenologi (Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa) memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian, membangun inovasi, dan mempromosikan penyebaran luas hasil-hasil penelitian ilmiah yang sistematis dalam bidang multidisiplin yang luas. Jurnal ini menerima artikel dalam ...