SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 8, No 4 (2024): December

Peran strategis logo dalam era digital: membangun dan meningkatkan brand awareness

Ghina, Aliah (Unknown)
Syafitri, Lili (Unknown)
Pebriani, Reny Aziatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Abstrak Di era digital, persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk memiliki identitas merek yang kuat guna membedakan diri dari para kompetitor. Salah satu strategi yang penting dalam membangun identitas merek adalah melalui desain logo yang efektif, yang tidak hanya menjadi representasi visual perusahaan tetapi juga memperkuat brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness UMKM AGMART93. Pendekatan yang digunakan melibatkan tiga tahapan, yaitu persiapan, penyuluhan dan pelatihan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil survei dan evaluasi, penyuluhan tentang pentingnya brand telah berhasil meningkatkan pengenalan merek brand recognition.Temuan ini menunjukkan bahwa desain logo yang tepat, didukung oleh pemahaman yang baik tentang elemen branding dan konsistensi penggunaan di platform digital dapat memberikan dampak positif terhadap performa bisnis, khususnya bagi UMKM seperti AGMART93. Kata kunci: UMKM; identitas merek; brand awarness; strategi branding Abstract In the digital era, intensifying business competition requires companies to establish strong brand identities to differentiate themselves from competitors. One crucial strategy in building brand identity is through effective logo design, which serves not only as a company's visual representation but also strengthens brand awareness. This study aims to enhance the brand awareness of AGMART93, a small and medium-sized enterprise (SME). The approach employed encompasses three stages: preparation, counseling and training, and evaluation. Based on survey results and evaluation, brand awareness education has successfully improved brand recognition. These findings indicate that appropriate logo design, supported by a thorough understanding of branding elements and consistent implementation across digital platforms, can positively impact business performance, particularly for SMEs like AGMART93. Keywords: SMEs; brand identity; brand awareness; branding strategy

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...