SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 8, No 4 (2024): December

Penguatan literasi digital guru dalam pembelajaran terdiferensiasi di SMP Negeri 6 Bintan

Elvi, Mariyanti (Unknown)
Azmi, Roma Doni (Unknown)
Intasir, M. Pemberdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Abstrak Kurikulum merdeka diharapkan memberikan pembelajaran yang inovatif, bermakna, dan menyenangkan. Namun penerapannya masih belum optimal. Guru masih belum mampu merancang dan menerapkan pembelajaran terdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu penggunaan teknologi digital sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka masih minim. Dengan demikian perlu adanya suatu pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi dan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital. Kegiatan PKM ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta penguatan kompetensi digital guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital yang terintegrasi dengan pembelajaran terdiferensasi. Metode yang dilakukan diantaranya sosialisasi dan pelatihan, praktik dan pendampingan, penerapan teknologi dan evaluasi serta tindak lanjut. Hasil PKM ini adalah terdapat peningkatan kompetensi peserta terhadap pembelajaran terdiferensiasi dan peserta mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis digital. Kata kunci: kurikulum Merdeka; pembelajaran terdiferensiasi; media pembelajaran Abstract The independent curriculum is expected to provide innovative, meaningful and fun learning. However, its implementation is still not optimal. Teachers are still unable to design and implement differentiated learning according to student needs. In addition, the use of digital technology as a form of implementing the independent curriculum is still minimal. Thus, there is a need for training for teachers to improve their competence in designing differentiated learning and developing digital-based learning media. This PKM activity aims to improve teacher competence in designing differentiated teaching and learning that suits student needs and strengthening teacher digital competence in developing digital-based learning media that is integrated with differentiated learning. The methods include socialisation and training, practice and mentoring, technology application and evaluation and follow-up. The results of this PKM are an increase in participants' competence in differentiated learning and participants are able to develop digital-based learning media. Keywords: independent curriculum; differentiated learning; learning media

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...