SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 8, No 2 (2024): June

Pendampingan komunitas belajar pendidikan anak usia dini di daerah Ibu Kota Nusantara (IKN) Paser Penajam Utara

Ayu Aprilia Pangestu Putri (Mulawarman University)
Pareng Nuraini (Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur)
Halida Halida (Universitas Tanjungpura)
Chandra Fauzi (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Abstrak Pembentukan komunitas belajar dalam penerapan kurikulum bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan, akan tetapi data terkait pelaksanaan komunitas belajar yang diketahui masih belum maksimal. Pendampingan ini bertujuan sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan pada pendidikan anak usia dini di daerah Paser Penajam Utara yang berada di Ibu Kota Nusantara. Pendampingan dilaksanakan pada empat lembaga pendidikan anak usia dini dipilih karena minimnya penerapan komunitas belajar pada lembaga tersebut. Kegiatan dilakukan dengan diskusi awal terkait pemerolehan informasi hambatan dalam pelaksanaan komunitas belajar, dilanjutkan dengan pelatihan untuk pembentukan komunitas belajar, pemberian materi pendukung, evaluasi dan berbagi praktik baik pelaksanaan komunitas belajar. Dengan dilaksanakan pendampingan ini guru menjadi lebih kompeten dalam merancang kegiatan pembelajaran untuk anak usia ini. Lebih jauh, pendampingan ini membawa manfaat pada pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan serta dapat dijadikan upaya dalam memotivasi guru untuk menciptakan pembelajaran berkualitas sesuai dengan tujuan pelaksanaan komunitas belajar dalam Kurikulum merdeka. Kata kunci: pendampingan; komunitas belajar; paud. Abstract The formation of a learning community in implementing the curriculum aims to improve the quality of education; however, data related to the implementation of the learning community is known to have not been optimal. This assistance aims to improve the quality of education in early childhood education in the Paser Penajam Utara area in the archipelago's capital city. Mentoring is carried out at four early childhood education institutions chosen because of the minimal implementation of learning communities at these institutions. Activities were carried out with initial discussions related to obtaining information on obstacles in implementing learning communities, followed by training for forming learning communities, providing supporting materials, and evaluating and sharing good practices in implementing learning communities. By implementing this assistance, teachers become more competent in designing learning activities for children of this age. Furthermore, this assistance benefits the continuous development of teacher competency and can motivate teachers to create quality learning following the objectives of implementing learning communities in the independent curriculum. Keywords: accompaniment; learning community; early childhood education programs.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...