SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS
Vol. 4 No. 3 (2024)

PERAN SUPERVISI SCIENTIFIC DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALITAS GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

JABBAR, MOCH. RIKZA ALKHUBRA ABDUL (Unknown)
MAUNAH, BINTI (Unknown)
EVA, HIKMAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Developed countries definitely have quality education. Whether the quality of education is seen from the level of professionalism of the teaching staff, namely teachers. Teachers who have a high level of competence and professionalism will create strong generations who are ready to take the country even further forward. This research aims to understand in depth the role of scientific supervision in improving teacher professional competence without conducting research directly in the field. The method used in this research is literature study. Journals, articles and books are selected, if they do not match the title of the research discussion then they are eliminated, if they are relevant to the research title then they are downloaded and used as research material. The results of the research are (1) scientific (scientific) supervision is proven to be able to increase teacher competence and professionalism (2) Supporting teacher competence and professionalism after participating in the scientific supervision program is following academic education improvement programs, certification programs and training programs. The conclusion of this research is that scientific supervision is truly able to increase the level of professional competence in teachers. ABSTRAKNegara-negara maju pasti terdapat suatu pendidikan yang berkualitas. Berkualitas tidaknya pendidikan dilihat dari tingkat profesionalitas tenaga pendidik yaitu guru. Guru yang memiliki tingkat kompetensi dan profsionalitas yang tinggi, akan menciptakan generasi-generasi yang tangguh, yang siap membawa negara menjadi semakin maju. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam mengenai peran supervisi scientific dalam meningkatkan kompetensi profesionalitas guru tanpa melakukan penelitian secara langsung dilapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Jurnal-jurnal, artikel, dan buku diseleksi, jika tidak sesuai dengan judul pembahasan penelitian maka dilakukan eliminasi, jika relevan dengan judul penelitian maka diunduh dan dijadikan bahan penelitian. Hasil dari penelitian yaitu (1) supervisi scientific (ilmiah) terbukti mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalitas pada guru (2) Penunjang kompetensi dan profesionalitas guru setelah mengikuti program supervisi scientific adalah mengikuti program peningkatan pendidikan akademik, program sertifikasi, dan program diklat. Kesimpulan penelitian ini adalah supervisi scientific benar-benar mampu meningkatkan tingkat kompetensi profesionalitas pada guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

social

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...