SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 4 (2024)

PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA SWASTA SANTU XAVERIUS GUNUNGSITOLI

YOSANA HULU (Universitas Nias)
AMIN OTONI HAREFA (Universitas Nias)
NETTI KARIANI MENDROFA (Universitas Nias)
RATNA NATALIA MENDROFA (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

This research aims to determine the influence of mathematical literacy skills on the learning outcomes of Santu Xaverius Gunungsitoli Private High School students. This research uses a type of quantitative experimental research using a one group pretest-posttest design. The object of this research is class X of Santu Xaverius Gunungsitoli Private High School. Data collection techniques use tests. The research instrument uses a pretest-posttest test. The data analysis technique uses the Independent Samples Test, which consists of the Kolmogorov-Smirnova normality test and homogeneity test. Based on the results of the research, analysis and discussion obtained from the Kolmogorov-Smirnov normality test, in the experimental class posttest a significance value was obtained of 0.185 > 0.005 and in the control class posttest a significance value was obtained of 0.230> 0.005 while in the homogeneity test the significance value was obtained (sig 2- tailed) of 0.666> 0.05, which means the data is normally distributed. Meanwhile, in the Independent Samples Test, a significance (sig. 2-tailed) of 0.000 <0.05 was obtained, which means that there is an influence of mathematical literacy ability on the learning outcomes of Santu Xaverius Private High School students. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan literasi matematika terhadap hasil belajar siswa SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan bentuk one group preteest-posttest design. Objek penelitian ini adalah kelas X SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Intrumen penelitian menggunakan tes pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Samples Test, yang terdiiri dari uji normalitas Kolmogorov-Smirnova dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan didapatkan dari uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, pada Posstest kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,185 > 0,005 dan pada posstest kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,230> 0,005 sedangkan pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,666> 0,05 yang artinya data berdistribusi normal. Sedangkan pada uji Independent Samples Test diperoleh signifikansi (sig. 2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya ada pengaruh Kemampuan literasi matematika terhadap hasil belajar siswa SMA Swasta Santu Xaverius.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...