SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 4 (2024)

ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA SOAL LITERASI PADA TOPIK PERSAMAAN LINEAR: STUDI KASUS DI KELAS VII BERDASARKAN TEORI POLYA

BUDI HALOMOAN SIREGAR (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan)
DAVID SITINDAON (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan)
DEBORA SINAGA (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan)
HARRY SIHOTANG (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan)
JULIANA MANULLANG (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan)
LISBETH SILALAHI (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan)
NASIB SAING (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan)
TABITHA SITORUS (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

This research focuses on analyzing the errors made by seventh-grade students in solving literacy problems related to linear equations in one variable, based on Polya's steps. Using a descriptive qualitative approach, errors are identified at each stage proposed by Polya: understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, and reviewing the solution. Seventh-grade students from SMPN 2 Pancur Batu were selected as research subjects through purposive sampling to represent various levels of mathematical ability. Data collection techniques included observation, tests, interviews, and document analysis. The findings revealed that the most common errors occurred in the stages of planning and executing the plan, often influenced by misconceptions and a lack of procedural skills. Based on these findings, teachers are advised to emphasize systematic learning in accordance with Polya's steps to enhance students' mathematical literacy and problem-solving skills. ABSTRAKPenelitian ini berfokus pada analisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal literasi terkait persamaan linear satu variabel, dengan mengacu pada langkah-langkah Polya. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, kesalahan diidentifikasi pada setiap tahap yang dikemukakan oleh Polya, yaitu pemahaman terhadap masalah, menyusun perencanaan, merealisasikan rencana, serta meninjau kembali jawaban. Siswa kelas VII SMPN 2 Pancur Batu dipilih sebagai subjek penelitian melalui metode purposive sampling untuk mewakili berbagai tingkat kemampuan matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan analisis dokumen. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa kesalahan paling umum terjadi pada tahap penyusunan dan pelaksanaan rencana, yang sering dipengaruhi oleh miskonsepsi serta kurangnya keterampilan prosedural. Berdasarkan hasil temuan ini, guru dianjurkan untuk lebih menekankan pembelajaran yang sistematis sesuai dengan langkah-langkah Polya guna meningkatkan literasi matematis dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...