Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
Vol. 4 No. 2 (2024)

Collaborative Governance Pentahelix: Inovasi Membangun Kota Pendidikan Inklusif Menuju Tatanan Sumber Daya Unggul (Kajian Pemenuhan Pendidikan Masyarakat Disabilitas di Kota Yogyakarta)

Sutan, Arissy Jorgi (Unknown)
Setiawan , Hendy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pembangunan kota pendidikan inklusif dengan kajian pemenuhan pendidikan bagi masyarakat disabilitas di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data pada penelitian ini dikumpulkand engan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, akses pendidikan bagi anak-anak disabilitas masih menghadapi tantangan signifikan. Data menunjukkan bahwa lebih dari 75% anak disabilitas belum mendapatkan pendidikan, meskipun regulasi sudah ada untuk mendukung hak pendidikan mereka. Perlunya kolaborasi antara sektor akademik, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media (pentahelix) untuk mewujudkan kota pendidikan yang inklusif. Dengan langkah-langkah konkret yang telah diambil, seperti pengembangan Kampung Peduli Sehat Jiwa, Yogyakarta berupaya menjadi barometer kota inklusif di Indonesia. Namun, tantangan dalam mengakomodasi semua kelompok disabilitas dalam sistem pendidikan masih perlu ditangani agar tujuan inklusi dapat tercapai secara efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih responsif dan inklusif bagi masyarakat disabilitas di Yogyakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

saluscultura

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia dan Kebudayaan is a journal that publishes current original research on social sciences, human development issues and cultural ...