Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) siswa model Resource Based Learning; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (RD) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Jenis penelitian pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Desain uji coba produk utama menggunakan LKPD model Resource Based Learning pada kelas VIII C yang berjumlah 40 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD IPA, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan, dan tes tulis untuk menguji hasil belajar dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa. Hasil pengembangan dan penelitian menunjukkan bahwa (1) kriteria kelayakan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) siswa model Resource Based Learning model Resource Based Learning layak digunakan dalam pembelajaran IPA; (2) terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai Rata-rata sebelum perlakuan 69,70 menjadi 75,93.
Copyrights © 2024