Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 5, No 2 (2024): November 2024

Pengaruh Tumbuhan Paku (Selaginella Intermedia) Terhadap Kematangan Buah Pisang Raja: Sumber Belajar Inovatif untuk Materi Pteridophyta di SMP/SMA

Atuany, Putri Lia M (Unknown)
Prabawati, Ratna (Unknown)
Citraningrum, Mivtha (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tumbuhan paku (Selaginella intermedia) terhadap kematangan buah pisang raja (Musa paradisiaca). Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan dua kelompok buah pisang raja, satu kelompok yang dilapisi Selaginella intermedia dan satu kelompok tidak dilapisi Selaginella intermedia. Jenis dan desain adalah eksperimen, dilaksanakan pada tanggal 18-24 Juli 2024, di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Sampel yang digunakan adalah Selaginella intermedia, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian yang didapat bahwa buah pisang raja (Musa paradisiaca) yang dilapisi Selaginella intermedia mengalami perubahan warna yang bertransisi dari hijau ke kuning kuningan dalam waktu lebih singkat. Aroma yang dihasilkan juga lebih bervariasi dan manis, sementara buah pisang raja yang tidak dilapisi Selaginella intermedia menunjukkan aroma yang terbatas. Tekstur buah dari kelompok yang dilapisi Selaginella intermedia juga menjadi lebih lunak secara signifikan dibandingkan dengan kelompok tanpa Selaginella intermedia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh Selaginella intermedia terhadap kematangan buah pisang raja (Musa paradisiaca) yang diamati selama 1 minggu. Penelitian ini dibuktikan dengan adanya perubahan fisiologis pada warna kulit buah pisang raja dari hijau sampai ke kuning kecoklatan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...